KIP

711106 PEND. MATEMATIKA TujuanMenghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik dan sosial serta mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri dalam  masyarakat secara berkepribadian dan sebagai pelaksana preservasi di bidang pendidikan matematika di Kalimantan BaratPeluang Lulusan.

Lulusan Program Studi pendidikan Matematika dipersiapkan menjadi guru matematika di sekolah menengah pertama (SLTP) dan sekolah menengah atas (SLTA)

711114 PEND. BIOLOGI Kompetensi LulusanKompetensi dan etika lulusan program studi dibuat sesuai dengan spesifikasi Program Studi Pendidikan Biologi. Kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Biologi terdiri dari tiga macam kompetensi, yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung , dan kompetensi lainnya (. Secara umum, kompetensi lulusan Program Studi Pendidikan Biologi adalah: “menguasai konsep dasar biologi dan Pendidikan Biologi, mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran biologi yang berkualitas, inovatif dan adaptif terhadap perubahan pendidikan didukung oleh kemampuan membuat dan menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer, penguasaan bahasa Inggris, dan teknologi informasi”. Berdasarkan karakteristik tersebut, maka profil lulusan Program Studi Pendidikan Biologi yang ingin dicapai adalah:

  1. Sebagai guru biologi sekolah menengah dan sederajat
  2. Sebagai peneliti di bidang kePendidikan Biologi
  3. Sebagai pengelola laboratorium sekolah

Kompetensi yang ingin dicapai oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi tampak dari sebaran mata kuliah di dalam kurikulum yang mendukung mahasiswa dalam menguasai substansi ilmu pendidikan dan ilmu biologi dalam rangka melaksanakan pembelajaran di sekolah menengah. Dalam kurikulum juga terdapat mata kuliah bahasa Inggris sesuai dengan kompetensi pembuatan media yang didukung dengan penggunaan bahasa Inggris. Pada Tahun Akademik 2011/2012, Program Studi Pendidikan Biologi juga menyediakan program Pendidikan Guru MIPA Bertaraf Internasional. Program ini diselenggarakan untuk mendukung kompetensi mahasiswa bersaing di tingkat Internasional, dan terutama dalam mendukung mereka untuk menguasai dan melaksanakan pembelajaran dalam bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, program studi juga menyediakan mata kuliah dasar komputer yang membantu mahasiswa dalam literasi komputer. Penggunaan komputer dan ICT juga dioptimalkan dalam setiap mata kuliah, terutama melalui penugasan presentasi pada mahasiswa yang sebagian besar dibantu dengan pemanfaatan minimal program “power point” ataupun dengan dukungan multi media lain.

711122 PEND. FISIKA PELUANG KERJA LULUSANHasil penelusuran terhadap alumni program studi Pendidikan Fisika melalui tracer study, telepon langsung, jejaring sosial, diperoleh data bahwa 95.45% responden menyatakan bahwa materi yang didapat dari perkuliahan program studi S1 Pendidikan Fisika relevan dengan  bidang pekerjaannya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan melaui tracer study, telepon langsung, jejaring sosial, diperoleh informasi bahwa ada 95,45% bekerja sesuai dengan bidangnya. Hal ini sebagai indikator bahwa lulusan Pendidikan Fisika cukup memuaskan bagi pemanfaat lulusan.

Selain itu, data lulusan dapat dikemukakan bahwa pada umumnya kompetensi yang dicapai mahasiswa dari hasil pembelajaran belum tercapai secara maksimal. Waktu penyelesaian studi pada tiga tahun terakhir berkisar antara 8 sampai 10 semester, dengan IPK antara 2,52 sampai 4,00 dengan rata-rata 3,36 (data EPSBED).

Hingga semester genap  tahun akademik 2011/2012 jumlah seluruh lulusan pendidikan Fisika FKIP Untan sudah lebih dari 177 orang dan secara keseluruhan terserap diberbagai bidang pekerjaan. Mereka tersebar ke berbagai daerah baik dalam wilayah Kalimantan Barat, maupun di luar Kalimantan Barat  baik  sebagai guru (PNS/non PNS), maupun profesi lainnya (pengusaha, karyawan Bank).

711136 PEND. KIMIA PELUANG KERJA LULUSAN :Sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan Program studi Pendidikan Kimia FKIP Untan, Lulusan Program Studi berpeluang mendapatkan kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan di bidang Pendidikan Kimia dan Kimia.

  • Lulusan dapat menjadi Guru Kimia baik di Sekolah Negeri maupun swasta, sebagai PNS atau nonPNS.
  • Lulusan dapat menjadi guru di Lembaga Pendidikan/ Bimbingan Belajar atau guru private.
  • Lulusan juga berpeluang bekerja menjadi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP), baik di tingkat sekolah (SD, SMP, SMU) maupun di  Perguruan Tinggi.
  • Lulusan dapat pula menjadi pengelola pendidikan, misalnya dengan membuka bimbingan belajar, atau menjadi konsultan pendidikan kimia
  • Lulusan berpeluang menjadi peneliti pendidikan kimia bekerjasama dengan guru atau lembaga pendidikan

Lulusan berpeluang menjadi entrepreneur yang mengembangkan produk-produk yang teknologi tepat guna berbasis kimia

712073 PEND. BAHASA INGGRIS Mewujudkan Prodi Bahasa Inggris yang menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa pada Tuhan yang maha Esa, memiliki kesiapan mental dan penghayatan professional kependidikan dan keguruan yang mendalam dalam menghadapi dan memasuki persaingan bebas.A. Kompetensi Utama

 

  1. Mengerti dan memahami landasan dan ruang lingkup ilmu pendidikan.
  2. Menguasai substansi kebahasaan bahasa Inggris.
  3. Menguasai struktur dan materi kurikulum bahasa Inggris untuk sekolah –sekolah maupun lembaga pendidikan informal.
  4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif lisan maupun tulisan.
  5. Mampu melakukan pembelajaran sesuai dengan keberagaman peserta didik.
  6. Menguasai pendekatan, metode, dan media pembelajaran.
  7. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  8. Mampu melaksanakan penelitian kebahasaan dan pembelajaran Bahasa,
  9. Mampu menerapkan ilmu dan kemampuan berbahasa Inggris dalam bidang bidang yang relevan.
  10. Memiliki integritas kepribadian yang baik, beriman, dengan rasa tanggung jawab dan toleransi yang tinggi.

 

712081 PEND. BAHASA, SASTRA INDONESIA & DAERAH Peluang Kerja LulusanPada umumnya mahasiswa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mampu menguasai bahan/materi yang berkenaan bahasa dan sastra Indonesia, khususnya  bahasa dan sastra Indonesia sekolah, termasuk penguasaan terhadap metode atau strategi pembelajarannya Selain itu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dibekali juga dengan keterampilan jurnalistik, keterampilan memandu acara, kemampuan TIK untuk menunjang proses pembelajarannya, dan kemampuan di bidang organisasi sosial kemasyarakatan melalui kegiatan kemahasiswaan (HIMBASI).

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia selain dapat bekerja sebagai guru yang profesional, dapat juga bekerja sebagai jurnalis, penyiar/pembawa acara, dan peneliti dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

712095 PEND. EKONOMI Profil Lulusan :Menghasilkan guru professional yang unggul pada bidang studi ekonomi SMP/MTs, SMA/SMK/MA  dan sederajat.

Menghasilkan guru yang mampu merespon berbagai perubahan paradigm kependidikan, khususnya pada pengembangan kurikulum.

Menghasilkan guru yang mampu mengimplementasikan kompetensi profesi kependidikan.

Menghasilkan guru yang mampu melakukan pembudayaan ekonomi kelembagaan kepada peserta didik yang berbasis rasionalitas dan moralitas ekonomi.

Menghasilkan guru yang berorientasi pada lingkungan dan budaya nasional.

712102 PEND. SOSIOLOGI Peluang Kerja Lulusan :
1. Menjadi guru bidang studi sosiologi pada tingkat SMA/SMK/MA sederajad.
2. Menjadi guru bidang studi IPS TERPADU pada jenjang SMP/MTs sederajad.
3. Menjadi tenaga peneliti dalam bidang ilmu sosial.
4. Menjadi pekerja sosial.
5. Menjadi pegawai/pekerja pada berbagai instansi pemerintah/swasta
(tni-polri, dinas2, bank, perusahaan, wartawan, politisi, LSM,
wiraswastawan dll).
712116 PEND. GURU PEND. ANAK USIA DINI (PGPAUD) Peluang Kerja LulusanSebagai sarjana dari satu-satunya Universitas Negeri di Kalimantan Barat, lulusan PG-PAUD memiliki peluang kerja yang baik. Hal ini terlihat pada setelah mereka melakukan Praktek Kerja di TK, hampir sebagian besar dari mahasiswa tersebut diminta untuk menjadi guru pembantu di tempat praktek kerjanya tersebut. Menurut para guru pamong, yaitu guru yang menilai bagaimana pengajaran yang mereka berikan kepada anak-anak TK, para mahasiswa tersebut dinilai “Siap pakai”. Mereka dapat melakukan tugas-tugas dan kewajiban yang dilakukan oleh para guru TK pada umumnya.

Selain itu juga, semakin meningkatnya kesadaran masyarakat secara umum mengenai pentingnya memasukkan anak-anaknya ke TK untuk persiapan masuk SD, membuat semakin banyaknya didirikan TK-TK untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing. Hal ini membuat, para lulusan/sarjana PG-PAUD tidak sulit untuk mencari pekerjaan.

Para sarjana PG-PAUD, tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan sebagai guru di TK/Tempat Bermain (Playgroup/Penitipan Anak2, dll yang sejenis), namun mereka juga dibekali dengan pengetahuan mengenai manajemen pengelolaan suatu lembaga, dalam hal ini adalah TK. Sehingga membuka peluang lain, bagi para lulusan PG-PAUD tidak hanya menjadi guru di TK, namun dapat juga menjadi pengelola TK, bahkan mengelola manajemen sebuat TK.

Pengetahuan mengenai tumbuh kembang anak yang disertai dengan keterampilan yang mereka dapatkan dalam membuat berbagai macam permainan yang dapat menstimulasi perkembangan anak secara optimal sesuai dengan usia anak, ketika melakukan berbagai macam praktikum perkuliahan, juga dapat bermanfaat sebagai bekal yang mereka miliki untuk menjadi produsen permainan edukasi (APE) yang dewasa ini dapat kita temui di pasaran. Kreatifitas dan bekal ilmu yang dimiliki mereka, dapat dijadikan modal untuk dapat bersaing di pasaran dalam membuat dan memasarkan permainan edukasi hasil kreatifitas mereka.

712124 PEND. JASMANI,KESEHATAN & REKREASI Tujuan Menghasilkan guru pendidikan jasmani dengan jenjang S1 yang bertaqwa kepada Tuhan dan berkompeten di bidang pendidikan dasar dan menengah dan adaptif. Menghasilkan tenaga peneliti dan pengelolaan pendidikan jasmani serta mampu memberikan layanan kepada masyarakat tentang pendidikan jasmani. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, dan sosial, serta mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri dalam masyarakat secara berkepribadian, dan sebagai pelaksana di bidang olahraga di Kalimantan Barat.Peluang Lulusan selain sebagai tenaga pengajar pendidikan jasmani pada semua jenjang lulusan PENJASKESREK juga dapat sebagai juga tenaga pelatih pada klub – klub olahraga, messure, manager olahraga, yang saat ini dikalimantan barat masih minim
712132 PEND. SENI TARI DAN MUSIK Pendidikan Seni Tari dan Musik bertujuan menghasilkan tenaga pendidik seni tari dan musik yang memiliki kompetensi:1)    Kepribadian yang religius dan integritas yang tinggi,

2)    Penguasaan  keilmuan di bidang seni tari dan musik, baik secara teoritik maupun praktik, sehingga mampu menjawab tantangan  yang dihadapi dalam dunia pendidikan, baik formal, informal, maupun non-formal,

3)    Kemampuan berkarya dalam bidang seni tari dan musik, baik dalam rangka keperluan pembelajaran di sekolah maupun untuk pengabdian pada masyarakat,

Sosial dan mampu beradaptasi terhadap perubahan dan kemajuan di bidang seni tari dan musik.

712162 PEND. BAHASA MANDARIN Peluang Kerja LulusanKebutuhan akan tenaga guru di bidang pendidikan bahasa Mandarin sebagai muatan lokal masih terbuka lebar untuk semua jenjang pendidikan sehingga memberikan peluang kepada lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

Banyaknya beasiswa S2 dan S3 yang berskala internasional dari China, memberikan peluang bagi alumni prodi Mandarin untuk studi lanjut  ke China

Peluang besar untuk bekerja pada bidang non pendidikan yang mengharuskan penggunaan bahasa Mandarin: bisnis dan perdagangan luar negeri: China, Taiwan, Hongkong, Singapura

Peluang untuk memperoleh dana dan prasarana dari instansi terkait.

Sebagai Pusat Penyelengggaraan tes HSK prodi ini memberikan peluang untuk menjadi Pelatih dan instruktur Tes HSK karena Pusat Penyelenggaraan Tes HSK baru ada tujuh (7) di seluruh Indonesia dan salah satunya ada di UNTAN (Kalimantan Barat)

712184 PEND. GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) menyiapkan guru yang berkualifikasi S1 berkeahlian dalam bidang kependidikan SD yang profesional dan berkepribadian, berwawasan IPTEK, memiliki kemandirian dan kemampuan kependidikan yang tanggap dan tangguh terhadap berbagai permasalahan pendidikan dasar serta mampu menghadapi, mengantisipasi, dan menjawab kemungkinan timbulnya berbagai tantangan kependidikan di SD pada era globalisasi.
712192 PEND. BIMBINGAN KONSELING