ISIP

712051

ILMU ADMINISTRASI NEGARA

 TUJUAN  PROGRAM SWTUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARASebagai pelaksana Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara berupaya memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah, masyarakat dan pengguna lulusan lainnya dalam menghadapi era reformasi, otonomi daerah, dan globalisasi. Untuk itu Program Studi Ilmu Administrasi Negara mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Ilmu Administrasi pada sektor publik.
  2. Menciptakan lingkungan akademis yang kondusif dengan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang disusun dengan melibatkan para pihak, terutama para pengguna lulusan.
  3. Menghasilkan penelitian yang relevan bagi pembangunan daerah, terutama di tiga bidang dasar, yakln: pemerintahan, kebijakan publik dan good governance.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga publik dan swasta dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian, seminar dan karya ilmiah melalui berbagai media.

712065

ILMU SOSIATRI/PEM. MASYARAKAT

Program Studi Ilmu Sosiatri  sebagai pelaksana pendidikan dan pengajaran bertujuan memberikan pengetahuan baik yang bertaraf nasional maupun internasional dengan tidak mengabaikan potensi khas daerah Kalimantan Barat sehingga :1. Program Studi Ilmu Sosiatri mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis untuk memberdayakan masyarakat secara mandiri.2. Program Studi Ilmu Sosiatri mampu menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi sikap dan nilai-nilai ilmiah, berdayaguna, beradaptasi dan bekerjasama sehingga dapat berperan secara aktif dalam pembangunan masyarakat.

3. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selalu disesuaikan dengan perkembangan situasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menghasilkan keluaran atau lulusan yang bermoral, handal dan piawai dalam bidang pembangunan masyarakat sesuai dengan kompetensinya.

 

LAPANGAN PEKERJAAN

Pada umumnya para lulusan program studi Ilmu Sosiatri terserap pada berbagai  lapangan pekerjaan sector informal dan sector formal seperti :

  • Sebagai PNS di kantor Dinas Sosial
  • Sebagai anggota legislative /dewan
  • Sebagai tenaga pengajar (di tingkat SLTP, SLTA)
  • Sebagai tenaga pengajar / Dosen
  • Sebagai pegawai Bank
  • Sebagai pengusaha
  • Sebagai pegawai swasta di perusahaan-perusahaan
  • Sebagai pekerja social
  • Sebagai peneliti
  • Sebagai konsultan pembangunan masyarakat
  • Sebagai praktisi dan birokrat
  • Sebagai PNS pada kantor BKKBN
  • Sebagai PNS pada  kantor Dinas transmigrasi dan tenaga kerja

 

 712146  ILMU POLITIK Program Studi Ilmu Politik (Prodi IPOL) FISIP UNTAN Pontianak didirikan pada tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud Nomor: 4290/D/T/2008 tanggal 28 Nopember 2008. Tujuan dibentuknya Prodi IPOL adalahIngin menjadi pusat informasi di bidang Ilmu Politik di Kalimantan Barat, serta menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan bermoral di bidang politik serta mampu berkompetisi di tingkat daerah, nasional, regional, dan internasional.Sejak penerimaan pertama tahun 2009 hingga tahun 2013, jumlah keseluruhan mahasiswa Prodi IPOL sebanyak 373 mahasiswa. Sebanyak 85 mahasiswa berstatus penerima beasiswa. Sebanyak 82 mahasiswa penerima beasiswa BIDIKMISI, sisanya 2 orang penerima I-MHERE dan 1 orang penerima beasiswa Bank Lippo.Untuk menyelesaikan perkuliahan para mahasiswa menempuh kurikulum sebanyak 54 mata kuliah atau sebanyak 152 SKS, yang dapat ditempuh dalam rentang waktu paling cepat 3,5 tahun hingga 5 tahun. Hingga Desember 2013 Prodi IPOL sudah melahirkan 6 orang sarjana.  Empat di antaranya sudah terserap di pasar kerja.

Tenaga pengajar di Prodi IPOL terdiri dari tenaga pengajar yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi Ilmu Politik. Adapun tenaga pengajar di Prodi IPOL, yakni: Prof. Dr. A.B. Tangdililing, MA., Prof. Dr. Syarief I. Alqadrie, M.Sc, Prof. Dr. Arkanuddin, M.Si, Dr. Dwi Haryono, M.Si, Dr. Saherimiko, M.Si, Dr. Nurfitri Nugrahaningsih, S.IP, M.Si, Dr. Elyta, M.Si, Drs. Gusti Suryansyah, M.Si (Kandidat Doktor), Drs. Syarif Usmulyadi, M.Si, Drs. Aby Sofyan, Drs. Burhanuddin, M.Si (Kandidat Doktor), Jumadi, S.Sos, M.Si (Kandidat Doktor), Ori Fahriansyah, S.IP, M.Si, Ully Nuzulian, S.IP, M.Si, Rulida Yuniarsih, S.IP, M.Si.

712154

SOSIOLOGI

712213

ILMU KOMUNIKASI

Secara definitif, ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer pesan dari satu individu ataupun grup ke individu dan grup yang lain. Proses transfer itu sendiri bisa melalui media tertulis, lisan, maupun media-media yang lain. Dengan semakin majunya taraf kehidupan manusia, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik mutlak dibutuhkan dalam segala bidang. Hampir tidak ada aspek kehidupan yang bisa lepas dari komunikasi, mulai dari bisnis sampai organisasi semuanya memerlukan komunikasi yang efektif agar tercapai tujuan yang telah dicita-citakan. Apalagi, perkembangan sains, teknologi dan industri komunikasi sangat laju. Di sisi lain perubahan sosial, politik, ekonomi, dan budaya juga amat cepat sehingga terjadi globalisasi yang menyebabkan hilangnya sekat-sekat antar negara tidak terelakkan lagi. Kemasan global ini telah membungkus dan membangun masyarakat dunia sehingga mereduksi batas-batas negara, jarak geografis, termasuk penguasaan atas informasi.Secara singkat, Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari konsep, metode dan pengelolaan proses informasi secara verbal dan nonverbal, penerimaan informasi, pemahaman makna melalui saluran dan media secara efektif.Salah satu keunggulan program studi ini adalah mampu menjadi jembatan bagi berbagai disiplin ilmu dan berbagai bidang pekerjaan dan profesi, semisal: Public Relations Officer (PRO), konsultan/biro humas, wartawan cetak, radio, televisi, pemilik rumah produksi, presenter, entertainer, biro iklan, pengusaha percetakan, pengusaha studio foto, editor, redaktur, trainer, Master of Ceremony (MC), event organizer, dll. Lulusan komunikasi, sangat dibutuhkan di banyak departemen, instansi pemerintah, perusahaan swasta. hingga menjadi entrepreneur yang kompetitif di era global.