Teknik

Fakultas Teknik

711071

TEKNIK INFORMATIKA

Sebagai salah satu disiplin ilmu rekayasa (engineering), Progran Studi Teknik Informatika berfokus pada pengembangan teknologi informasi sehingga lulusan Teknik Informatika diharapkan mampu membangun/mengembangkan sistem aplikasi yang mencakup perpaduan teknologi perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat komunikasi, dalam suatu unit organisasi.BIDANG KEAHLIAN

Pemrograman, memberikan pengetahuan mengenai pengertian pemrograman, bahasa pemrograman dan keterampilan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi berbasis desktop dan web.

Komputasi, memberikan keterampilan penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu.

Multimedia, memberikan keterampilan menggunakan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara dan gambar.

SIG (Sistem Informasi Geografis), memeberikan keterampilan dalam mendesain data-data spasial untuk menyatakan berbagai informasi berkaitan dengan lokasi, informasi kartografi dan teknologi.

Jaringan Komputer, memberikan pengetahuan mengenai macam topologi, media dan infrastruktur jaringan komputer dan keterampilan dalam perancangan, pemanfaatan dan penggunaan struktur jaringan.

Lulusan Program Studi Teknik Informatika secara umum memiliki kompetensi pada perancangan dan rekayasa sistem yang terdiri dari manusia, permasalahan dan proses.

711063

TEKNIK ARSITEKTUR

Tenaga pengajar yang ada merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia dan menciptakan kolaborasi yang baik bagi perkembangan Prodi Arsitektur Untan. Tenaga pengajar tersebut terbagi ke dalam 3 (tiga) kelompok keahlian yaitu:

  • Perancangan
  • Perumahan dan Permukiman
  • Teknologi Bangunan

Sejak awal, kurikulum yang diterapkan pada Prodi Arsitektur Untan menganut aturan nasional berupa Kurikulum Berbasis Ilmu (KBI). Kurikulum selalu dievaluasi secara berkala (dua tahun sekali). Dengan perubahan aturan nasional, pada tahun ajaran 2010/2011 Prodi Arsitektur Untan menerapkan Kurikulum Berbasis Kurikulum (KBK), dan merupakan salah satu prodi arsitektur  di Indonesia yang menerapkannya secara murni.

711093

TEKNIK LINGKUNGAN

Sebagai salah satu disiplin ilmu rekayasa (engineering), Program Studi Teknik Lingkungan berfokus pada pengembangan kompetensi mahasiswa dalam hal rekayasa dan pengelolaan lingkungan dengan mengacu pada pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan sebagai wahana pembelajaran, yang akan memberikan penguasaan pengetahuan dan keterampilan dasar dengan memberikan mata kuliah pilihan sesuai dengan minat mahasiswa pada pengetahuan dan keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk rekayasa lingkungan dan pengelolaan lingkungan.Kajian Teknik Lingkungan mencakup bidang keteknikan dengan bidang keahlian untuk perbaikan kualitas lingkungan terdiri atas:

  • Rekayasa Lingkungan, yaitu keahlian rancang bangun untuk Teknik Lingkungan seperti: Instalasi Pengolahan Air Minum dan Instalasi Pengolahan Limbah Cair.
  • Pengelolaan Lingkungan, yaitu keahlian pengelolaan dan perencanaan lingkungan

711085

TEKNIK INDUSTRI

Lulusan Program Studi Teknik Industri secara umum memiliki kompetensi pada perancangan, rekayasa, pabrikasi, perbaikan dan pengoperasian sistem integral yang terdiri dari manusia, peralatan, bahan, energi dan informasi. Kompetensi utama :

  • Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/atau eksperimen. Mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memeahami dampaknya terhadap konteks sosial, lingkungan dan konteks lokal maupun global.
  • Mampu beradaptasi terhadap teknik dan analisa baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi keteknik industriannya.
  • Mampu berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif.
  • Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika.
711285

TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH KOTA

Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah ilmu yang mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah-wilayah. Prodi ini dikenal juga dengan nama Teknik Planologi atau biasa juga disebut sebagai ilmu tata kota.Penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi sarjana yang memiliki kemampuan dan berkompetensi professional, beretika, dan berwawasan lingkungan dalam mengintegrasi pemahaman sosio-ekonomi-politis dan fisik tata ruang wilayah dan kota sesuai dan sejalan dengan Pembangunan Nasional serta mampu bersaing secara global.

 

711352 TEKNIK MESIN Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya.Tujuan :

  1. Mewujudkan Prodi Teknik Mesin untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing global.
  2. Meningkatkan proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis teknologi Teknik Mesin sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  3. Menghasilkan luaran yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang Teknik Teknik Mesin sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  4. Menghasilkan luaran yang memiliki kemampuan dalam bidang Teknik Mesin yang memiliki akhlak mulia dan mampu menjalankan etika profesi.

 

711306 TEKNIK PERTAMBANGAN Teknik Pertambangan adalah adalah salah satu disiplin ilmu keteknikan yang mencakup rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan dan pemanfaatan bahan galian.Tujuan pendidikan Teknik PERTAMBANGAN adalah untuk menyiapkan peserta didik menjadi sarjana Teknik PERTAMBANGAN yang memiliki kemampuan dan berkompetensi professional dalam bidang rekayasa pertambangan, beretika, dan berwawasan lingkungan dalam mengintegrasi pemahaman dalam analisis dan pengendalian permasalahan rekayasa dan industri pertambangan sesuai dan sejalan dengan Pembangunan Nasional serta mampu bersaing secara global.

 

711344 TEKNIK KIMIA Teknik Kimia adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik 
711336 TEKNIK KELAUTAN Teknik KELAUTAN adalah cabang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari bangunan dan struktur yang berhubungan dengan laut. Teknik kelautan sering kali dianggap sebagai perkembangan teknik sipil yang dikhususkan untuk mempelajari struktur-struktur yang berada di daerah garis pantai (coast line) maupun daerah lepas pantai (offshore), termasuk anjungan lepas pantai.Penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Teknik KELAUTAN bertujuan untuk menyiapkan peserta  didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik teknik kelautan dalam menerapkan, mengembangkan, dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat