Pertanian

711366 Ilmu Tanah Program Studi Ilmu Tanah akan menghasilkan lulusan yang memiliki kecerdasan dan integritas yang tinggi. berkualitas, professional dan kompetitif, sehingga Lulusan/SDM Ilmu Tanah dan Manajemen Sumberdaya Lahan dapat berperan dalam bidang pekerjaannya sebagai :

  1. Konsultan Survei, Pemetaan dan Evaluasi Lahan
  2. Perencana Tata Guna Lahan dan Pembangunan Wilayah
  3. Manajer Bidang Pertanian/Perkebunan
  4. Wirausahawan/Pengusaha Bidang Pertanian/Perkebunan
  5. Akademisi/Peneliti Ilmu Tanah dan Manajemen Sumberdaya Lahan
  6. Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Pertanian/Perkebunan

 

711314 Peternakan Prodi peternakan merupakan prodi baru di Fakultas pertanian. Munculnya prodi ini dikarenakan di Kalimantan Barat belum ada prodi khusus peternakan, sementara potensi wilayah Kalimanatan Barat untuk bidang peternakan cukup tinggi. Seperti perkembangan perkebuanan sawit serta perkebunan lainnya yang dapat disinergikan pengelolaannya dengan bidang peternakan. Untuk memenuhi tenaga ahli yang mamapu bekerja dan berjiwa professional dalam mengelola bidang peretrnakan maka hadirnya prodi peternakan sangat lah diperlukan. Pengintegrasian sawit ternak sudah banyak dibahas dalam kegiatan seminar-seminar serta beberapa penelitian terkait bidang tersebut sudah berlangsung lama. Hasil kajian menunjukkan Kalimantan Barat sangat cocok untuk dikembangkan pola sawit-ternak dalam rangka pemenuhan kebutuhan protein hewani dari selain ikan serta mendukung program pemberdayaan petani yang berada di lingkungan perkebunan. Secara tradisional masyarakat Kalbar sudah akrab dengan peternakan sapi dan kambing sehingga melalui prodi peternakan di Untan diharapkan pola pengelolaan peternakan akan semakin berkembang.
711233 Agroteknologi Tujuan dari berdirinya PS Agroteknologi adalah Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang budidaya tanaman lahan sub optimal tropis,Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri berwawasan luas, kreatif dan inovatif serta memiliki integritas pribadi dan sosial yang tinggi,Mengembangkan program pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat untuk pemberdayaan sumberdaya alam dan sumber daya manusia di bidang pertanian.Memperluas jejaring (networking) kerjasama guna meningkatkan mutu institusi dan lulusanProfil LulusanProfil Lulusan dari Program ps agroteknologi adalah :

  1. Pelaku di bidang pertanian
  2. Manajer (planner, designer, organizer, evaluator, mediator)
  3. Pengusaha (entrepreneur, initiator, adaptor, cooperator)
  4. Peneliti
  5. Komunikasi (fasilitator, motivator dan mediator)

 

711293 Ilmu dan Teknologi Pangan Lulusan yang kreatif, bijaksana dan berdaya kinerja besar dalam bidang ilmu dan Teknologi Pangan akan mampu berkarier sebagai dosen maupun peneliti di perguruan tinggi maupun lembaga riset atau unit kerja/industri yang mengutamakan inovasi teknologi dalam bidang teknologi pangan dan hasil pertanian. Lulusan akan mampu berkarier sebagai dosen-dosen yang mengampu dan melakukan penelitian bidang sistem ilmu dan teknologi pangan.Lembaga-lembaga riset dan perencanaan atau unit kerja/industri yang tepat dijadikan tempat berkarier bagi lulusan seperti Kementerian Riset dan Teknologi, LIPI, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan dan Perkebunan, Industri pengolahan pangan dan hasil pertanian seperti Industri berbasis bahan baku lidah buaya, Industri berbasis bahan baku jagung, Industri berbasis bahan baku nenas, Industri berbasis bahan baku umbi-umbian, Industri berbasis bahan baku kelapa sawit, Industri berbasis bahan baku karet alam, Industri berbasis bahan baku kelapa, Industri berbasis bahan baku lada, Industri berbasis bahan baku kakao. Disisi lain lulusan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan dapat bekerja di perusahaan besar bagian produksi, quality control, dan pemasaran seperti di perusahaan Indo Food, Pabrik Kelapa Sawit dan Minyak, Pabrik Pengolahan Teh, Pabrik Pengolahan Makanan dan Minuman lainnya, Pabrik Pengolahan Kosmetik, Pabrik Pengalengan Ikan dan lain sebagainyaDemikian pula, satuan-satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang membidangi penelitian, pengembangan dan perencanaan teknologi pangan dan hasil pertanian membutuhkan tenaga-tenaga lulusan Program Studi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan baik sebagai pelaksana, tenaga ahli maupun konsultan.

 

711025 Agribisnis  Sebagaimana telah dikemukakan pada jati diri PS ini, bahwa kompetensi yang diharapkan dari lulusan adalah mampu beradaptasi dengan dunia kerja, memiliki integritas, kredibilitas, kualitas keilmuan, keahlian dibidang sosial ekonomi pertanian dan berahlak mulia serta berjiwa wirausaha.Lulusan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian ini pada umumnya bekerja pada bidang pertanian maupun perbankan baik di instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat kesesuaian antara kompetensi yang diharapkan dengan yang dicapai. Demikian pula terdapat kesesuaian kompetensi yang dicapai dengan tuntutan dan kebutuhan pemanfaatan lulusan.