Informasi Umum

LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, juncto Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, juncto Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 90 Tahun 2017 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Pola penerimaan mahasiswa baru program Sarjana pada Universitas Tanjungpura dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Universitas Tanjungpura menyediakan Program Reguler (kelas pagi) dan Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar (PPAPK) kelas sore dan malam untuk penerimaan mahasiswa baru.

Seleksi Mandiri Untan 2018 adalah seleksi yang dilakukan oleh Universitas Tanjungpura menggunakan metode ujian tertulis atau kombinasi ujian tulis dan ujian keterampilan. Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang studi sains dan teknologi (Saintek), dan/atau social humaniora (soshum). Selain mengikuti ujian tulis (UTBC) peserta yang memilih program ilmu seni tari dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Informasi Seleksi Mandiri Untan 2018 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pendaftaran, jenis ujian, kelompok dan materi ujian, pilihan program studi, biaya seleksi, dan jadwal ujian. Secara rinci, informasi lengkap mengenai Seleksi Mandiri Untan 2018 dimuat dalam panduan yang dapat diakses di laman resmi http://www.scmb.untan.ac.id

TUJUAN

Penjaringan mahasiswa baru melalui pola penerimaan mahasiswa secara mandiri bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang memiliki kemampuan mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

PERSYARATAN

A. UMUM
Peserta ujian masuk program kelas pagi, kelas sore dan kelas malam SM Untan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Program kelas pagi, lulusan SMA/SMK/MA atau yang setara / paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII tahun 2016, 2017 dan 2018.
  2. Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar (PPAPK) kelas sore dan malam tahun lulusan SMA/SMK/MA tahun 2015 dan sebelumnya, dan atau tahun lulusan SMA/SMK/MA tahun 2016, 2017 dan 2018 yang sudah berkerja dengan memlampirkan surat keputusan sebagai pegawai.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

B. KHUSUS

  1. Peserta hanya boleh memilih dua program studi pada setiap kelompok ujian yang sama, yaitu dari Program Reguler atau Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar (PPAPK).
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Program Studi Kepelatihan Olahraga tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan minimal 160 cm untuk pria.
  3. Bagi peserta yang memilih Program Studi Keperawatan, tinggi badan minimal 150 cm untuk wanita dan minimal 155 cm untuk pria.
  4. Bagi peserta yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter diwajibkan mengikuti tes psikologi dan tes kesehatan setelah ujian tulis dilaksanakan.

BIAYA SELEKSI

  1. Biaya mengikuti ujian sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah).
  2. Bagi peserta yang memilih Program Studi Penjaskes, Program Studi Seni Tari dan Musik, dan Program Studi Kepelatihan Olahraga wajib membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 200.000,- (Dua Ratus Ribu Rupiah).
  3. Biaya Seleksi dapat dibayarkan melalui semua cabang Bank Kalbar.
  4. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara online, mulai tanggal 4 Juni 2018 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan tanggal 09 Juli  2018 dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://www.scmb.untan.ac.id.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Calon Mahasiswa melakukan pendaftaran pada website http://scmb.untan.ac.id untuk mendapatkan KAP dan PIN peserta tes mandiri.
  2. Calon Mahasiswa kemudian melakukan pembayaran pada Bank Kalbar dengan menunjukan KAP dan PIN peserta tes mandiri tersebut.
  3. Teller menerima uang pembayaran dan mamastikan transaksi kedalam sistem HosttoHost (exTeller).
  4. Teller selanjutnya mencetak bukti transaksi pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan bukti KAP dan PIN kepada calon peserta tes mandiri.
  5. Calon mahasiswa selanjutnya melengkapi biodata dan mencetak Kartu Peserta Tes Mandiri secara online pada website http://scmb.untan.ac.id dengan menggunakan KAP dan PIN yang telah diberikan.

 

JENIS UJIAN
Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC)
A. Materi Ujian Tertulis terdiri atas:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

B. Ujian Keterampilan (UK)

Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan terdiri atas :

  1. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas tes kesehatan dan tes keterampilan motorik.

 

JADWAL UJIAN

 Ujian tertulis dilakukan tanggal 17 Juli 2018.
 Ujian keterampilan dilakukan tanggal 18 Juli 2018.

 

PENGUMUMAN HASIL UJIAN TERTULIS
Hasil seleksi Mandiri  diumumkan pada tanggal  28 Juli 2018 mulai pukul 08.30 wib melalui media masa dan website dengan alamat http://www.scmb.untan.ac.id.

REGISTRASI BAGI PESERTA YANG DITERIMA
Bagi peserta yang diterima Seleksi Mandiri Untan harus mendaftar (registrasi) di BAK Untan pada tanggal  31 Juli s.d. 3 Agustus 2018
Prosedur dan Tata cara registrasi akan diberitahukan kemudian.