MAGISTER KENOTARIATAN

PENERIMAAN MAHASISWA PROGRAM KENOTARIATAN PROGRAM MAGISTER FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK

TAHUN AKADEMIK 2019/2020

 

Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UNTAN merupakan implementasi dari Rencana Strategis Universitas Tanjungpura dalam upaya peningkatan pemerataan akses Pendidikan Tinggi melalui Usulan Pembukaan Program Studi baru. Program Studi Magister Kenotariatan dahulu masuk dalam kategori Program Pendidikan Spesialis (SP1). Seiring berkembangnya regulasi pada bidang pendidikan tinggi, diantaranya Pendidikan Program Studi Magister Kenotariatan juga harus menyesuaikan dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Dan Pengelolaan Perguruan Tinggi serta berpedoman pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana telah diubah berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 50 Tahun 2018.

Pembukaan Program Studi Magister Kenotariatan sebelumnya telah dilakukan melalui Kajian Studi Kelayakan sesuai dengan Keputusan Dekan Fakultas Hukum Untan Nomor : 1952/UN22.1/DT/2015, tanggal 22 April 2015 Tentang Tim Pengkajian Studi Kelayakan Pembukaan Dan Penyelenggaraan Program Studi Magister Kenotariatan. Setelah melakukan kajian dan berdasarkan Laporan Hasil Kerja Tim Studi Kelayakan Pembukaan Program Studi Magister Kenotariatan, Dengan demikian, pembukaan Program Studi Magister Kenotariatan telah memiliki legalitas sejalan dengan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) UNTAN Tahun 2015 – 2019.

Berdasarkan latar belakang di atas, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI telah menyetujui Universitas Tanjungpura untuk menyelenggarakan Program Studi Magister Kenotariatan (Prodi M.Kn. Fakultas Hukum) melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 292/KPT/I/2017 tanggal 31 Mei 2017 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Kenotariatan Program Magister Pada Universitas Tanjungpura Di Pontianak.

Sebagaimana halnya Program Studi pada umumnya yang memiliki Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran. Program Studi Magister Kenotariatan telah merumuskan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, sebagai berikut :

 

VISI PROGRAM STUDI MAGISTER KENOTARIATAN

“Menjadi Program Studi Magister Kenotariatan Yang Unggul Untuk Menghasilkan Sumber Daya Lulusan Yang Visioner Dalam Penguasaan Pengetahuan Keilmuan Hukum Dan Keterampilan Kenotariatan”.

 

MISI PROGRAM STUDI MAGISTER KENOTARIATAN

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan hasil riset untuk pengembangan pengetahuan keilmuan hukum dan ketrampilan Kenotariatan guna menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kerja dan sikap kerja.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan produktivitas kinerja Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang luarannya memberikan kontribusi pengembangan pengetahuan keilmuan hukum dan ketrampilan hukum kenotariatan serta memberikan kontribusi untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama kemitraan dengan berbagai lembaga/institusi pemerintahan maupun dengan berbagai organisasi atau asosiasi profesi baik dalam lingkup nasional maupun internasional guna meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan kenotariatan.

 

TUJUAN PROGRAM STUDI MAGISTER KENOTARIATAN

  1. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan Magister Kenotariatan dengan memanfaatkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna menghasilkan sumber daya lulusan yang berdaya saing di pasar kerja.
  2. Meningkatkan produktivitas riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat mendongkrak potensi pengembangan pengetahuan keilmuan hukum dalam bidang Kenotariatan.
  3. Meningkatkan penguatan akuntabilitas manajemen tata kelola guna mendukung penyelenggaraan pendidikan Magister Kenotariatan.

 

SASARAN PROGRAM STUDI MAGISTER KENOTARIATAN

  1. Meningkatkan dan mengembangkan kualitas pembelajaran yang berpedoman pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan deskripsi capaian lulusan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan memiliki kesetaraan pada jenjang level 8 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Meningkatkan dan mengembangkan kapasitas kinerja dalam melaksanakan riset dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang luarannya bermanfaat baik untuk pengembangan bahan ajar maupun bermanfaat untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan kapasitas publikasi karya ilmiah dosen hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan yang melibatkan mahasiswa.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan kompetensi lulusan yang memiliki kriteria kualifikasi kemampuan lulusan yang terampil baik dalam hard skill dan soft skill.
  5. Meningkatkan dan menginventarisir sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran guna mendukung capaian pembelajaran lulusan.
  6. Meningkatkan dan mengaplikasikan hasil kerjasama dengan berbagai instansi, lembaga, asosiasi profesi untuk mendukung terwujudnya suasana akademik yang kondusif.

 

Kurikulum Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UNTAN, dirancang dalam 4 (empat) semester. Adapun struktur kurikulum sebagai berikut :

Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot SKS
(1) (2) (3) (4)
SEMESTER I
I HKNW 001 TEORI HUKUM 2
I HKNW 002 PERATURAN JABATAN NOTARIS 2
I HKNW 003 PERATURAN JABATAN PPAT 2
I HKNW 004 TEORI DASAR PEMBUATAN AKTA 2
I HKNW 005 HUKUM KELUARGA & HARTA PERKAWINAN 2
I HKNW 006 HUKUM PERJANJIAN 2
I HKNW 007 HUKUM PERUSAHAAN 2
I HKNW 008 HUKUM PERTANAHAN & PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH 2
I HKNW 009 HUKUM JAMINAN 2
I HKNW 010 BAHASA INGGRIS HUKUM 2
      20
SEMESTER II
II HKNW 011 TEKNIK PEMBUATAN AKTA I 2
II HKNW 012 TEKNIK PEMBUATAN AKTA II 2
II HKNW 013 PERATURAN LELANG 2
II HKNW 014 POLITIK HUKUM 2
II HKNW 015 METODE PENELITIAN HUKUM 2
II HKNW 016 HUKUM KEWARISAN (PERDATA, ISLAM DAN ADAT) 2
II HKNW 017 HUKUM PERBANKAN & LEMBAGA PEMBIAYAAN NON BANK 2
      14
SEMESTER III
III HKNW 018 TEKNIK PEMBUATAN AKTA III 2
III HKNW 019 TEKNIK PEMBUATAN AKTA PPAT 2
III HKNW 020 KODE ETIK 2
III HKNP 021 HUKUM PASAR MODAL* 2
III HKNP 022 HUKUM KONTRAK INTERNASIONAL* 2
III HKNP 023 HUKUM PAJAK* 2
III HKNP 024 HUKUM KEPAILITAN* 2
III HKNP 025 CYBER NOTARI* 2
III HKNP 026 HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL* 2
III HKNP 027 ASPEK HUKUM PIDANA DALAM JABATAN NOTARIS* 2
III HKNP 028 MANAJEMEN PERKANTORAN NOTARIS/PPAT* 2
      10
SEMESTER IV
IV HKNW 029 SEMINAR PROPOSAL PENELITIAN TESIS 1
IV HKNW 030 TESIS 4
      5

* Mata Kuliah Pilihan sebesar 4 SKS (2 Mata Kuliah)

 

WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran dilakukan secara online, mulai tanggal 12 Juni 12 Agustus 2019 pukul 24.00 WIB. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman website http://scmb.untan.ac.id

 

PERSYARATAN PESERTA PENDAFTARAN

  1. Lulusan Sarjana Hukum yang berasal dari Program Studi Ilmu Hukum PTN/PTS dengan melampirkan sertifikat akreditasi program studi.
  2. Menyerahkan fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (rangkap 3), minimal IPK 2,75.
  3. Menyerahkan Pas Photo Berwarna Terbaru ukuran 3 x 4, sebanyak 3 lembar dan 4 x 6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang warna biru.
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran.
  5. Rekomendasi Kelayakan untuk mengikuti Seleksi Program Studi Magister Kenotariatan dari 2 orang dosen dari Program Studi asal (form dapat diunduh)
  6. Surat Izin/Tugas Belajar dari instansi, bagi yang telah bekerja (form dapat diunduh).
  7. Peserta Seleksi wajib menandatangani Surat Pernyataan Bebas Narkoba di atas materai Rp. 6.000,-. (form dapat diunduh).

 

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Peserta melakukan pendaftaran online pada laman website http://scmb.untan.ac.id, kemudian melakukan REGISTRASI untuk mendapatkan NOMOR PENDAFTARAN dan PIN Peserta Tes Seleksi Masuk Prodi M.Kn.
  2. Peserta melakukan pembayaran biaya administrasi pendaftaran pada Bank Mandiri sebesar 450.000,- (Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
  3. Peserta melakukan pembayaran biaya TPA sebesar 250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dan TUTEP sebesar Rp.100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) pada Bank Mandiri.
  4. Teller menerima uang pendaftaran pembayaran dan memastikan transaksi ke dalam sistem Host to Host (ex Teller).
  5. Teller selanjutnya mencetak Bukti Transaksi Pembayaran dan menyerahkan bukti tersebut bersama dengan Bukti NOMOR PENDAFTARAN dan PIN kepada Peserta Tes Seleksi Masuk Prodi M.Kn.
  6. Selanjutnya Peserta wajib menyerahkan semua Berkas PERSYARATAN PESERTA PENDAFTARAN yang dimasukkan dalam Map berwarna merah ke SEKRETARIAT PANITIA selama masa pendaftaran 12 Juni – 12 Agustus 2019 mulai pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB.

 

MATERI UJIAN SELEKSI

Materi ujian seleksi terdiri dari : Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes TUTEP (Tanjungpura University Test of English Proficiency) dan Tes Wawancara.

 

WAKTU PELAKSANAAN TES

  1. Tes Tertulis TPA dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 bertempat di Gedung Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Untan pukul 09.00 WIB.
  2. Tes Tertulis TUTEP dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 bertempat di Gedung Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Untan pukul 09.00 WIB.
  3. Tes Wawancara dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019 bertempat di Gedung Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Untan pukul 09.00 WIB.

 

PENGUMUMAN HASIL UJIAN

Hasil Ujian Seleksi Masuk Prodi M.Kn. akan diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2019, melalui media cetak dan/atau http://scmb.untan.ac.id

 

REGISTRASI BAGI PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS SELEKSI

  1. Bagi peserta yang diterima dan lulus seleksi Prodi M.Kn. wajib melakukan Registrasi/Daftar Ulang melalui Bank Mandiri pada tanggal 27 Agustus – 6 September 2019.
  2. Registrasi/Daftar Ulang melalui Bank Mandiri dengan menyebutkan NOMOR PENDAFTARAN. Selanjutnya menyerahkan bukti pembayaran SPP kepada Sekretariat Program.
  3. Bagi peserta yang tidak melakukan Registrasi/Daftar Ulang dinyatakan Mengundurkan Diri.

 

BIAYA STUDI PROGRAM MKN

Biaya Studi berupa: Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), sebesar Rp. 13.050.000,- (Tiga Belas Juta Lima Puluh Ribu Rupiah) per semester.

 

SEKRETARIAT PANITIA

Sekretariat Pendaftaran Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Untan bertempat di Gedung Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Untan. Jalan Daya Nasional No. 1 Pontianak, Telp dan Fax (0561) 582742.

Informasi lengkap dapat menghubungi:

ü  Erwin, SH.LL.M (0856-500-2006)​

ü  Chandra Maharani, SH.MH (082357217965)

ü  Dian Lestari, SE (08125673529)