Daftar SNMPTN 2014 Bisa di Kantor Pos

logo-PT-Pos-IndonesiaBANDUNG – Untuk mempermudah proses pendaftaran dan mengisi formulir persyaratan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng PT Pos Indonesia dan PT Telkom. Para calon peserta nantinya akan bisa mendaftar di setiap kantor pos.

“Untuk pendaftaran, kita basisnya online. Berdasarkan catatan, PT Pos punya kantor di setiap kecamatan dan setiap kantor pos ada jaringan internetnya. Jadi (calon peserta) diberi (fasilitas) cuma-cuma untuk mendaftar,” kata Ketua SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia, di Hotel Gran Royal Preanger, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/12/2013) malam.

Dengan cara seperti itu, calon peserta yang di rumahnya tidak memiliki koneksi internet, tinggal datang ke Kantor Pos terdekat. Di sana sudah disediakan perangkat komputer lengkap dengan koneksinya. Untuk pendaftaran online itu, sarana information and technology communication (ICT) disediakan oleh PT Telkom. Sedangkan PT Pos menyediakan sarana di masing-masing kantor pos.

Selain pendaftaran secara online, panitia juga akan memberlakukan pendaftaran secara offline. “Untuk yang offline kita sedang merancangnya. Mungkin diusahakan pendaftarannya di universitas terdekat,” ungkap Ganjar.

Direktur Enterprise and Business Services PT Telkom, Muhammad Awaluddin, mengatakan kerja sama itu sebagai bentuk dukungan untuk menyukseskan SNMPTN. “Telkom berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia, di mana salah satunya melalui dukungan sistem dan mekanisme pendaftaran online dalam pelaksanaan SNMPTN,” jelasnya.

Awaluddin mengatakan, ICT yang disediakan PT Telkom meliputi colocation atau data center berkapasitas besar, broadband internet dan intranet, serta call center dengan nomor 0804-1-450450.(ade)

Sumber:kampus.okezone.com